I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Tanpa
kita sadari, komputer telah berperan di masyarakat. Hal ini berlaku di
negara maju maupun di negara yang sedang berkembang. Komputer sebenarnya
tidak berbeda dengan produk tekhnologi lainnya seperti kereta api,
pesawat terbang, mobil televisi dan lain sebagainya. Hal yang membedakan
komputer dengan produk lainnya adalah kemampuannya untuk dapat
diprogram guna melaksanakan berbagai macam tugas dengan kecepatan dan
ketelitian yang tinggi.
Olahraga adalah
bidang yang tidak luput dari pemanfaatan ilmu komputer. Peralatan
olahraga, pengobatan, biomechanic, dan simulasi olahraga adalah salah
satu contoh diantaranya. Bahkan perlu diketahui bahwa hubungan antara
ilmu komputer dan olahraga ini sudah ada sejak tahun 1960.
Perkembangan media internet saat ini juga
telah menjadi bagian dari pemanfaatan komputer di bidang olahraga
terutama dalam hal penyebaran informasi. Derasnya informasi yang dapat
diperoleh dengan mudah dari media internet, membuat teknologi informasi
yang satu ini sangat digemari oleh lapisan masyarakat, baik masyarakat
umum, pelajar, mahasiswa, maupun praktisi. Semua informasi dunia luar
maupun dalam negeri khususnya informasi olahraga dapat kita saksikan
melalui layar monitor hanya pada tempat dimana kita tinggal.
1.2 Batasan Masalah
Artikel ini lebih
fokus pada penyebaran informasi atau berita mengenai olahraga melalui
media internet dan media cetak (koran maupun majalah).
1.3 Tujuan
Penulisan Artikel
ini bertujuan untuk membandingkan penyebaran informasi mengenai olahraga
antara media internet dan media cetak.
II. ISI
Latar Belakang Sejarah
Komputer dalam olahraga digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1960, dimana ketika itu hanya bertujuan
untuk mengumpulkan informasi tentang olahraga. Database kemudian
diciptakan dan diperluas dalam rangka untuk memulai penyebaran
dokumentasi dan publikasi seperti artikel atau buku yang berisi mengenai
ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan olahraga. Lalu hingga
pertengahan 1970-an organisasi pertama di bidang ini disebut IASI
(Asosiasi Internasional untuk Informasi Olahraga) resmi didirikan.Kemudian pada
tahun 1997 pertemuan internasional pertama antara ilmu komputer dalam
olahraga diadakan di Cologne. Tujuan utama adalah untuk menyebarkan
aplikasi, ide, dan konsep penggunaan komputer dalam olahraga.
Pemanfaatan Komputer di Bidang Olahraga
Komputer
sampai saat ini telah berperan besar dalam perkembangan di bidang
olahraga. Pemanfaatan komputer di bidang olahraga diantaranya adalah :
· Pelatihan dan pembinaan
· Biomekanik
· Peralatan olahraga dan teknologi
· Computer-aided aplikasi (software, hardware) dalam olahraga
· Ubiquitous komputasi dalam olahraga
· Multimedia dan Internet
· Dokumentasi
· Pendidikan
Pemanfaatan Internet di Bidang Olahraga
Pada
zaman dimana informasi sudah menjadi unsur dominan dalam kehidupan saat
ini, media massa memegang peranan penting dalam menyebarkan dan
menyampaikan informasi kepada masyarakat, informasi yang disampaikan
kepada masyarakat dikemas melalui berita. Setiap hari masyarakat
disuguhkan dengan berbagai macam berita seperti berita olahraga , baik
dari luar negeri maupun dari dalam negeri.
Media
Internet merupakan media audio visual, artinya media menampilkan gambar
hidup dan mempunyai suara sehingga menarik minat masyarakat. Tetapi
berbagai media internet lebih ke media visual nya saja. Berbeda dengan
media elektronik, media cetak hanya berupa tulisan dan gambar yang
dicetak pada kertas tertentu.
Kabar di dunia olahraga sangatlah beragam, khususnya pada bidang Sepak
bola yang saat ini sedang mendunia. Kabar tersebut sangatlah dibutuhkan
oleh para pecinta bola, siapapun para pecinta bola pasti ingin
mendapatkan kabar informasi tentang tim atau kabar lainnya yang disukai.
Tentunya media internet ini menjadi jembatan dimana pecinta bola ingin
mendapatkan informasi sepak bola, kali ini di dalam artikel akan
dijelaskan dimana pemanfaatan komputer di bidang olahraga, yang di bantu
oleh media internet sebagai penerimaan informasi olah raga.
Goal.com adalah salah satu media informasi olahraga yang saat ini
digunakan para usia dini sampai usia tua untuk mendapatkan kabar terbaru
dari bidang olahraga khusunya sepak bola luar negeri maupun dalam
negeri. Dalam pemanfaatan komputerisasi ini para pencinta sepakbola di
manjakan oleh kabar-kabar terbaru, dimulai dari pemain-pemain baru
sampai ke hasil pertandingan sepak bola.
Dari tampilan GUI Goal.com diatas dapat dilihat bahwa fitur-fitur yang
didalamnya sangat membantu para pecinta sepakbola untuk mendapatkan
informasi yang lebih jelas. Dengan demikian pemanfaatan komputer di
bidang olahraga menjadi popular pada saat ini, dikarenakan banyak sekali
kelebihan untuk mengakses informasi olah raga. Berikut perbandingan
antara penerimaan informasi dengan pemanfaatan komputer dan media cetak :
Pembanding
|
Media Internet
|
Media Cetak
|
Akses
|
Mudah
|
Lebih Mudah
|
Referensi
|
Banyak
|
Terbatas
|
Efesien
|
Efesien
|
Kurang efesien
|
Efektif
|
Efektif
|
Kurang efektif
|
Fleksibel
|
Sangat Fleksibel
|
Terbatas
|
Diasumsikan
bahwa populasi presentase pengguna internet di Indonseia adalah
sebagian besar memanfaatkan komputer di bidang olahraga dengan cara
mencari informasi olahraga di media internet. Sebagaimana
dilansir oleh ANTARA News, bahwa Internet menjadi platform berita
paling populer ketiga di Amerika Serikat, di bawah siaran televisi
daerah dan nasional di negara itu, demikian survei Internet &
American Life Project dan Project for Excellence in Journalism, Pew
Research Center, Senin.enurut survei itu, 78 persen dari 2.259 orang
dewasa AS yang dijaring oleh jajak pendapat itu, mengatakan bahwa pada
hari biasa mereka mendapatkan berita dari stasiun TV daerah.Lalu, 73
persen mengaku mendapatkan berita dari jaringan televisi nasional
seperti CBS atau stasiun tv kabel semisal CNN atau Fox. 61 persen
mengaku, di hari biasa, mereka mendapatkan berita dari laman berita
Internet.
III. Pendapat Kelompok
Kami
berpendapat bahwa pemanfaatan komputer dalam bidang olahraga sampai
saat ini terpopuler dalam arti lain sering digunakan oleh para pengguna
komputer. Dalam perkembangan pemanfaatan komputer
dalam pencarian informasi masih digunakan secara rutin oleh para
masyarakat. Sehingga peranan komputer di dunia informasi sangatlah
penting. Banyak kelebihan yg didapat bila dibandingkan dengan media
cetak, diantaranya lebih banyak referensi berita.
Pendapat kelompok gimana kalau gini???
Kami
berpendapat bawa pemanfaatan komputer dalam bidang olahraga saat ini
yang paling populer adalah penyebaran informasi melalui media internet.
Informasi dan berita mengenai olahraga sangat ditunggu oleh para
penikmat olahraga maupun para atlet . Informasi yang cepat, akurat,
fleksibel, dan mudah di akses menjadi keunggulan jika dibandingkan
informasi yang disebarkan melalui media cetak.
IV. Kesimpulan
Penggunaan komputer untuk mencari informasi di bidang olahraga sering
dimanfaatkan oleh para pecinta bola di tanah air. Sehingga tidak heran
apabila para masyarakat luas sangat antusias di bidang olahraga, seperti
contoh para pendukung timnas sepakbola. Ketika kabar persepakbolaan di
tanah air sedang memanas, banyak masyarakat luas mengikuti
perkembangannya. Sehinnga dapat disimpulkan bahwa peranan komputer
sangat penting di bidang informasi olahraga.
Saran kesimpulan:
Hubungan
antara komputer dan olahraga telah ada sejak tahun 1960 dan berlanjut
hingga sekarang. Telah banyak ilmu-ilmu komputer yang diterapkan dalam
bidang olahraga dan organisasi-organisasi national yang berkaitan dengan
kedua bidang ini pun telah dibentuk. Peralatan olahraga, simulasi, dan
biomechanic telah menjadi bantuan untuk para atlet maupun pelatih dalam
meningkatkan prestasinya di bidang olahraga.
Selain
itu bagi penikmat olahraga perkembangan media internet juga telah
menjadi keuntungan dalam mendapatkan informasi dan berita-berita
mengenai olahraga. Efektif, mudah diakses, audio-visual, cepat, dan
terperinci menjadi faktor utama keuntungan penyebaran informasi melalui
media internet. Dengan tidak mengesampingkan media cetak, penyebaran
informasi olahraga melalui media internet telah menjadi alternatif baru
bagi penikmat olahraga maupun atlet dalam hal mendapatkan informasi
mengenai olahraga.
No comments:
Post a Comment